Thursday, 7 April 2011

When Those Girls Meet

Beberapa anak cewek dengan seragam olahraga yang belum mereka ganti, duduk di bangku berbentuk lingkaran di bawah pohon dekat kelas mereka.

“Liat tuh.”Ratih menunjuk sepasang adam dan hawa yang sedang tertawa ria.

“Kenapa dia?”tanya Gani.

“Itu, berduaan gitu di pinggir lapangan. Dia kira oke apa?”lanjut Ratih lagi.

“Disampingnya siapa sih?”tanya Sasa.

“Juno kayaknya. Eh, iya bener.”Fera mengangguk.

“Juno itu pernah nembak lo bukan?”tanya Ratih lagi.

“Iya. Tapi gue tolak.”jawab Hani.

“Gila ya. Rendah banget seleranya.”

“Maksud lo gue rendahan gitu?”nada Hani meninggi.

“Gue sih nggak maksud rendahan itu elo. Tapi kalo ngerasa ya udah.”tukas Ratih cuek.

“Eh, mau kemana?”Fera menahan Hani yang beranjak dari tempat duduknya.

“Pergi. Gue kan orang rendahan.”Hani melirik Ratih.

“Yah, gitu doang marah.”lirih Ratih setelah Hani pergi jauh.

“Abis lo keterlaluan juga.”Dea berbicara.

“Keterlaluan gimana? Jelas-jelas selera Juno tuh emang rendah. Selain dia, banyak kan yang lai. Cindy, Dede, Dian, dan lain-lain. Menurut gue sih mereka kampungan semua.”Ratih mengibaskan rambut panjangnya.

Gani dan yang lain saling tatap menatap. “Tapi Hani kan sahabat kita. Masa lo gituin dia?”Gani berbicara.

“Gue lebih milih ngomong jujur dari pada diem dan dalam hati nggak terima. Dan akhirnya ntar gue ngomong dibelakang.”

“Terserah deh.”potong Gani lagi. Ia mulai tidak suka dengan Ratih kali ini.

“Ratih, kamu lagi pegang hape ya?”

Ratih yang sedari tadi menggenggam handphone terkejut. “Eh, Pak Budi. Engg… iya pak. Tapi hapenya bukan punya saya pak. Ini punya Sasa.”Ratih menunjuk Sasa.

“Sasa, ini hape kamu?”

Sasa ketakutan. “Eh, hmm.. iya pak. Tapi tolong jangan disita dong pak.”

“Hape kamu ini berkamera. Dan sangsi bagi orang yang membawa hape berkamera adalah hapenya ditahan. Minggu depan bawa oran tua kamu ke sekolah.”Pak Budi lalu berlalu sambil mengantongi hape Sasa.

“Ratih! Sialan banget sih lo! Gue kan bilang jangan mainin hape kalau ada guru!!!”

“Gue kan gak liat Pak Budi. Dia di belakang gue tadi. Nyantai aja kenapa?”jawab Ratih cuek sambil menatap Sasa sinis.

Sasa kehilangan kesabaran. “Tapi itu hape gue!! Disita seminggu pula! Gimana dong?!”

“Ya udah. Lo lapor aja dulu sama nyokap lo. Lagian, hape lo kan ada dua.”Gani mencoba menenangkan Sasa.

“Tapi satu lagi tuh nggak ada kameranya! Ah, bete gue sama lo, Tih!”kali ini Sasa benar-benar kehilangan kesabaran.

“Yee, lo aja tuh, masalah kecil gini doang diperpanjang.”Ratih tak mau kalah.

“Eh, mau kemana lo?”tanya Dea.

“Cabut!”jawab Sasa ketus.

“Ikut deh.”lanjut Dea lagi.

“Ih! Dasar kacung. Mau aja ikut kemana-mana.”lanjut Ratih lagi sambil melihat kepergian Dea dan Sasa.

“Mereka kan sahabatan Tih, wajar dong.”ujar Fera.

“Jadi sahabat tuh jangan bego-bego amat. Eh, banyak banget lo pakek gelang? Mau jualan?”

“Eh, ini namanya siliband tau!”bantah Fera.

“Silly? Sama dong kayak yang make.”

“Maksud lo gue bodoh?”Fera kesal.

“Lo kenapa sih Tih?! Kok jahat banget lo hari ini? biasanya juga mulut lo diem doang. Kok lo jadi gini sih?”Gani berbicara lagi.

“Lo pengen gue diem?”

“Bukan gitu. Tapi biasanya juga lo nggak kayak gini tau. Lo kenapa sih?”tanya Gani lagi.

“Nggak kenapa-napa. Pengen jujur aja.”

“Jujur?! Itu namanya bikin orang sakit hati! Cabut ah. Gerah gue disini.”lanjut Fera.

“Gue juga ngerasa gerah. Yuk!”

Senyap. Semua pergi meninggalkan Ratih yang tertawa sendiri.

“Oh. Jadi gini rasanya jadi jahat? Nggak enak ah. Nggak asik kalau endingnya gue nggak ada temen. Minta maaf aja kali ya.” Ratih tersenyum sambil mengejar teman-temannya.

Di kantin Ratih melihat gerombolan teman-temannya sedang mengobrol di meja sudut. Lalu ia menghampirinya.

“Ngapain lo kesini?!”Sasa naik darah.

“Gue mau minta maaf.”

“Minta maaf?! Gampang ya! Lo sujud dulu depan Pak Budi, minta agar dia kembaliin hape gue, baru gue maafin lo.”Sasa ketus.

Ratih kesal. “Sumpah demi apa gue nggak bakal mau sujud hanya demi hape lo!”

“Denger ya Ratih, walau baru hari ini lo kayak gini ke kita, tapi kita nggak suka! Lo udah ngerendahin Hani, lo udah buat hape Sasa ditahan, lo udah menghina siliband Fera. Maksud lo apa? Lo kora lo sempurna hah?!”kali ini Gani yang geram.

“Maksud gue nggak kayak gitu. Gue Cuma coba untuk jadi orang jahat aja tadi. Walaupun gue sengaja, tapi sekarang gue minta maaf. Ternyata nggak enak jadi orang jahat.”Ratih memelas.

“Ah, bullshit lo! Belagu amat sih lo? Kalau gue tau lo kayak gini dari dulu, gue nggak akan mau berteman sama lo!”Hani memukul meja agak kuat hingga beberapa pasang mata mengarah ke meja mereka.

“Iya. Amit-amit deh lo! Ke laut aja sana lo!”tukas Fera.

Ratih menyerah. Ternyata ini hasilnya? Ini endingnya? Ini rasanya menjadi orang jahat? Walaupun dari kemarin Ratih bersikap baik pada mereka, tidak pernah ngomong kasar, dan selalu ramah, bahkan selalu membantu mereka jika ada kesusahan, tapi mereka tidak mau mengingat kebaikan-kebaikan Ratih. Yang mereka lihat dari Ratih adalah kesalahan yang dibuat Ratih hari ini. Kesalahan yang baru kali ini diperbuat Ratih.

Walaupun menurut Ratih kejahatannya itu masih belum seberapa dengan kebaikan-kebaikannya pada mereka, tetap saja mereka menganggap Ratih sebagai musuh mereka sekarang. Dan sebesar apapun permohonan maaf Ratih, rasanya pasti tidak mungkin mereka maafkan. Tapi kali ini Ratih ingin membuat sesuatu yang berbeda. Yang selama ini ingin ia lakukan.

“Oke. Gue jahat untuk kalian. Tapi gue baru jahat sama kalian hari ini aja. Hani, gue minta maaf. Gue emang sengaja ngerendahin lo. Sasa, tadi gue nggak sengaja dan benar-benar nggak sengaja nunjukin hape lo di depan Pak Budi. Kalau lo pengen gue bertanggung jawab, oke, gue akan bertanggung jawab untuk sujud depan Pak Budi agar dia ngembaliin hape lo. Dan Fera, gue juga sengaja ngomong itu ke elo. Itu karena gue pengen ngerasain bagaimana jadi orang yang jahat. Dari dulu, gue selalu baik sama kalian. Gue selalu nolong kalian, dan gue selalu ada setiap gue butuhin. Gue benar-benar nganggep kalian sahabat. Tapi dimata gue, kalian sama sekali nggak ngehargain gue…”

“Buat lo, Han. Gue selalu buatin lo pr. Tapi lo nggak pernah mau ngasih tau ke gue kalau misalnya lo tau jawaban dari pr yang gue nggak ngerti. Sasa dan Dea. Kalian itu emang sahabatan. Gue selalu ada disaat kalian butuh gue, apapun masalah kalian. Tapi disaat kita lagi bertiga, kalian selalu nyuekin gue. Terus Gani dan Fera. Menurut gue, lo emang baik banget Gan. Lo pengertian. Tapi lo licik. Lo selalu jatuhin nama gue di depan guru. Dan menurut gue Fer, lo nggak pernah mau dengerin apa kata orang yang sebenarnya adalah kritikan buat penampilan lo. Lo selalu menganggap orang yang dibawah lo itu orang nggak penting…”

Ratih menarik nafas dan tersenyum. “Dan hari ini, gue baru tau kalau bukan gue aja yang jahat. Tapi bagi gue, kalian tetap sahabat gue.”

Lalu Ratih pergi dari hadapan mereka dengan senyum penuh kepuasan. Baru kali itu ia merasa bebas karena bisa menjelaskan apa yang ia rasakan selama ini.

Post a Comment