Sunday, 3 April 2011

Vera Wang

Pertama kali aku dengar dia dari novel… *lupa namanya* yang menceritakan sedikit tentang gaun dari Vera Wang. Lalu gosip Krisdayanti yang katanya pakek gaun Vera Wang. Dan setelah dilihat foto-foto gaun pengantinnya Vera Wang, aku jadi tertarik karena akuu juga suka dengan fashion dan bidang gaun pengantin. Gaun-gaunnya unik namun cantik. Mewah, elegan dan langka.

Ellen Vera Wang, begitu nama lengkapnya lahir di New York City dari pernikahan Cheng Ching Wang dan Florence Wang pada tanggal 27 Juni 1949. Ayahnya yang sangat pandai berbahasa Inggris, adalah anak seorang jenderal Cina dan Ibunya adalah putri seorang politisi Cina yang diduga menjadi panglima perang . Pasangan itu telah meninggalkan China setelah Perang Dunia II, akhirnya menikah dan menetap di New York City. Vera Wang juga mempunyai seorang adik yang bernama Kenneth.


Meskipun ayah Wang adalah kepala dari sebuah perusahaan multi-juta dolar yang memungkinkan keluarganya gaya hidup makmur, anak-anak tidak diberi tumpangan gratis. Orangtua Wang menanamkan tujuan dasar dan nilai-nilai pada anak-anak mereka. Ia mendorong mereka untuk mengejar keunggulan akademik dan atletik, dan memiliki integritas dalam apa yang mereka lakukan.

Ibu Wang dianggap sebagai wanita cantik dengan sikap yang sangat baik. Dia mengajarkan anaknya tentang fashion saat mengunjungi Paris.

Setelah lulus dari perguruan tinggi pada tahun 1971, Wang mulai bekerja untuk majalah Vogue. Pada akhir tahun pertamanya, dia dipromosikan menjadi fashion editor, yang termuda dalam sejarah 'Vogue.


Setelah bertugas dia di Vogue, Wang bekerja sebagai direktur desain di Ralph Lauren; tanggung jawabnya meliputi pengawasan 13 baris aksesori. Sepanjang karirnya, dia ingin menjadi seorang desainer fashion dan keinginan ini mulai tumbuh saat ia belanja untuk gaun pernikahannya dengan Arthur Becker pada tahun 1989. Ia tergiur dengan gaun-gaun yang dilihatnya, lalu ia merancang sendiri dan menyewa penjahit untuk membuat gaun tersebut dengan biaya sebesar $ 10.000. Menemukan sebuah ceruk pasar untuk gaun pernikahan elegan dan kontemporer, pada tahun 1990 membuka Wang sendiri butik pengantin dengan dukungan keuangan dari ayahnya di Hotel Carlyle kelas atas di Madison Avenue di New York. Dia membawa gaun pengantin elegan oleh desainer-desainer terkenal, tetapi ia juga merancang gaun pengantinnya sendiri.




Perhatian internasional pertama nya sebagai seorang desainer datang ketika dia merancang pakaian Nancy Kerrigan untuk tahun 1992 dan 1994. Desainnya kaya dengan kain mewah dan garis yang sangat klasik. Namanya saja menciptakan bayangan gaun pengantin luar biasa yang sederhana.

Nah, maaf ya karena aku nggak mengangkat cerita Vera Wang secara detail. Tapi begitulah Vera Wang, salah seorang yang menginspirasikan aku dalam fashion. Kayaknya itu dulu deh ya profil tentang Vera Wang, lanjut lain kali dengan profil inpiring people yang lain. Bye bye J


Post a Comment